#14 – Indahnya lautan ada di kedalaman, demikian juga bisnis


Masih ingat dengan gambar mengenai gunung di lautan yang ternyata hanya 15% dari total tubuh gunung yang sesungguhnya. Artinya kenyataan yang sesungguhnya ada di dasar lautan yang ternyata tidak tampak hanya dari puncak permukaan.

Demikian juga bisnis, jangan hanya jadi pebisnis yang percaya dan yakin dengan kata2 beres dan siap. Anda harus siap terjun ke dalamnya bisnis.

Apalagi ketika bisnis Anda lagi mendapatkan masalah dan cobaan.

Bisnis ini merupakan cerminan dari kapasitas dan ruh si owner. Sejatinya hanyalah si owner yang paling paham apa yang harus dilakukan kepada anaknya ( bisnisnya).

Di awal-awal usaha misalnya, mutlak menurut saya owner harus hadir, membersamai dan melihat detak nadi kehidupan bisnis. Ini kudu. Jangan langsung serahkan ke karyawan, minimal 1 tahun di awal.

Ini penting untuk membuat Anda paham gimana pola2 di dalam bisnis Anda. Ini membangun juga produk yang versheten ( membatin) yang membuat bisnis Anda menjadi bisnis yang kuat.

Inget pengusaha sejati itu bukan orang yang ongkang2 kaki saja, ia adalah orang2 yang mau turun gunung dan beres2 ketika ada masalah dan tantangan datang.

#LeadershipDiBisnis

  • Jum'at, 22 Juni 2018

Artikel Terkait

#1 - Mengelola Rapat
#1 - Mengelola Rapat
#40 - Anda Pengusaha Jangan Malas Membaca
#40 - Anda Pengusaha Jangan Malas Membaca
#38 – Entreprenuer Jangan Malas Mencari Jawaban
#38 – Entreprenuer Jangan Malas Mencari Jawaban
#13 – Pengusaha ngerti laporan keuangan
#13 – Pengusaha ngerti laporan keuangan

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar