Harus Bersyukur atau Mengeluh
Jum'at, 20 Mei 2016
Blog Satabrasyahdin.com
Bagikan

Harus Bersyukur atau Mengeluh

Artikel ini saya tulis melihat kondisi miris yang ada di sekitar saya.

Banyak orang dalam hidupnya tidak pernah merasa puas terhadap apa yang dia punya, selalu mengeluh karena tidak punya mobil baru, rumah sendiri, istri yang cantik, anak-anak yang taat dan lain-lain. Keadaan ini mudah sekali kita temui di dalam lingkungan kita, di social media, bahkan di obrolan warung kopi.

Apakah sikap ini salah?

Pertanyanya adalah apakah dengan mengeluh terhadap semua permasalahan dalam hidup Anda akan mengubah hidup Anda seketika?. Percayalah, jawabannya adalah tidak. Karena itu berhentilah mengeluh terhadap hidup Anda.

Banyak orang, mungkin salah satunya kita, seringkali mengeluh dengan apa yang dia punya, tidak pernah mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita. Nikmat itu menurut saya terdiri dari 2 hal, yang terlihat dan yang tidak terlihat.

Dan semua orang biasanya hanya berfokus pada nikmat yang dia lihat dan rasakan saja, bukan kepada nikmat-nikmat yang tidak terlihat yang mungkin tidak dia rasakan secara langsung.

Orang yang kerja dan mendapat gaji kecil misalnya, seringkali lupa bahwa banyak orang-orang di luar sana yang sedang berebut mencari kerja, bahkan rela mendaftar sebagai tukang ojek hanya untuk membuat dapur rumahnya ngebul. Pekerjaan adalah sebuah anugerah bagi orang-orang yang mencarinya, tetapi malah jadi sesuatu yang tidak disyukuri ketika sudah mendapatkannya.

Demikian juga bagi Anda yang mengeluh mempunyai anak yang tidak bisa di atur dan sering kali tidak patuh terhadap perkataan Anda, Anda mungkin belum tahu bahwa di luar sana banyak pasangan-pasangan yang sudi membayar mungkin hingga ratusan juta, hanya untuk mendapatkan keturunan. Coba Anda hitung berapa nikmat Anak yang Anda dapatkan.

Anda yang tidak dalam masalah-masalah di atas dan tetap mengeluh terhadap hidup Anda, coba Anda hitung berapa besar nikmat sehat, nikmat orang tua sehat, nikmat kenyamanan dan ketentraman hidup yang selama ini Allah anugerahkan kepada Anda. Dengan merenungi hal ini niscaya Anda akan berubah menjadi pribadi yang bisa lebih menghargai karunia yang Allah berikan dalam hidup Anda.
Karena Jika Anda paham, selain berdoa, Al Qur'an meminta kita untuk terus bersyukur agar di tambah nikmatnya.

Jadi kalau mau berbahagia, banyak-banyaklah bersyukur..

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar