Ini Urutan Rekrutmen Tim dalam Bisnis Anda
Kamis, 19 Mei 2016
Blog Satabrasyahdin.com
SDM
Bagikan

Ini Urutan Rekrutmen Tim dalam Bisnis Anda


Ketika memutuskan untuk mulai berbisnis dan sudah mempunyai karyawan, biasanya para owner dilanda kebingungan tentang bagian atau disiplin bisnis apa dahulu yang harus di bentuk dalam organisasi bisnis. kebingungan-kebingungan ini biasanya membuat pengembangan bisnis jadi tidak stabil.

Prinsip yang perlu dipunyai oleh para owner adalah “ Fired Fast Hire Slow”. Ketika ada karyawan yang bekerja tidak jujur, mencuri atau memang tidak bekerja secara baik dalam jangka waktu tertentu. Maka harus sesegera mungkin di pecat dari bisnis Anda. Sementara ketika ingin merekrut karyawan, lakukanlah ketika memang Anda rasa aktivitas tersebut memang punya jobdesk dan target yang jelas. Jangan rekrut orang yang belum punya jobdesk dalam bisnis Anda.

Lantas Posisi- Posisi Apa Saja yang harus di rekrut dalam Bisnis Anda, saya Coba buatkan urutan yang bisa jadi sesuai dengan kebutuhan bisnis pemula

1. Tim Produksi
Tugas utamanya adalah membantu Anda untuk bisa memproduksi secara massal, sehingga bisa menjual dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Anda bisa memberdayakan orang-orang di sekitar Anda ( tetangga atau keluarga) untuk membantu proses ini.

SDM yang berurusan dengan Produksi tidak perlu punya skill khusus, yang terpenting adalah mau belajar dan rapih dalam pengerjaan.

2. Admin Pencatatan
Admin Pencatatan adalah orang yang membantu Anda untuk melakukan fungsi pencatatan, menjawab dan reply chat dan order, input dan proses order serta mengecek stock.

Untuk Kebutuhan yang dasar dan tidak perlu skill khusus Anda bisa rekrut lulusan SMK/ SMA
 
3. Admin Social Media atau Web
Admin Social Media mempunyai Tugas utama melakukan penjadwalan konten , membuat konten ( Optional) intinya adalah aktifitas yang mengelola social media Anda. Target kerjanya adalah jumlah konten terskejul, jumlah follower/ likes, jumlah visitor.

Untuk kebutuhan yang Advance ada baiknya kita rekrut lulusan S1, tapi Anda bisa juga membuka lowongan magang untuk tetap bisa mendapat SDM yang berkualitas, karena aktivitas ini juga memungkinkan untuk dilakukan secara mobile

4. Staff Keuangan
Pencatatan keuangan Adalah hal yang penting, performa bisnis kita di ukur tentunya dengan parameter-parameter keuangan seperti omset, net profit, margin, hpp dkk. Oleh karenanya Anda harus mulai merekrut SDM khusus untuk mencatat pengeluaran-pengeluaran Anda.  

Jika budget Bisnis belum memadai, fungsi ini bisa digabungkan dengan Admin pencatatan, ada baiknya pencatatan sudah menggunakan format yang jelas, bisa dalam bentuk software atau aplikasi excel biasa.

5. Kurir
Jika Anda menjual produk-produk ritel seperti fashion gadget atau kuliner alangkah baiknya Anda juga menyediakan layanan kurir pribadi, ini membantu Anda untuk menyediakan layanan yang cepat dan akurat.

Spesifikasi umum yang harus Anda cari adalah yang memiliki kendaraan pribadi dan mempunyai pengetahuan tentang rute-rute yang daerah pengiriman Anda.
 
6. Supervisor
Merekrut Supervisor Adalah urutan terakhir ketika Anda sudah mempunyai lebih dari 5 orang tim. Supervisor membantu Anda untuk tetap fokus pada pengembangan bisnis. jobdesk utama supervisor adalah mengawasi bagian2 lain, misal :

a. Supervisor Produksi mengawasi bagian produksi bertanggung jawab terhadap kapasitas produksi

b. Supervisor Media mengawasi bagian media, bertangung jawab terhadap konten baik perencanaan maupun eksekusi.  Dll

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar